Pinrangkab.go.id — Dalam rangka memberikan reward dan penghargaan terhadap peran dan fungsi Tenaga Operator penginput Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang memberikan uang pembinaan terhadap 9 operator penginput Dapodik lingkup Pemerintah Kabupaten Pinrang.

Hal ini disampaikan Kepala Sub bagian Perencanaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang Muhtar yang ditemui, Selasa (22/12/2020).

Muhtar mengungkapkan, Peran para oprator ini sangat penting olehnya itu, dirinya berinisiatif menyelenggarakan Lomba bagi para Tenaga operator Dapodik di beberapa tingkatan dimulai dari PAUD, SD dan SLTP.

Muhtar melanjutkan, Untuk kriteria penilaian dilakukan sesuai dengan prosuderal penilaian kualitas dari data Dapodik satuan Pendidikan yang berjalan mulai awal dilaunchingnya aplikasi Dapodik 2020 sampai pada versi Patch 2020.b tahun 2020.

“Kualitas Data sangat berpengaruh dalam menentukan kebutuhan sekolah terkait Sarana dan Prasarana, Dana BOS, Dana Tunjangan Profesi bagi Guru bagi ASN maupun Non ASN” ungkap Muhtar.

Olehnya itu, penyerahan uang Pembinaan ini diharapkan mampu menjadi motivasi sekaligus penghargaan bagi para Operator dalam pemutakhiran Dapodik yang selama ini dipakai untuk berbagai kebutuhan bagi Dunia Pendidikan di Kabupaten Pinrang.

Kedepannya, Muhtar berharap, program – program pembinaan seperti ini akan terus berlanjut sehingga menghasilkan Dapodik yang berkualitas di Kabupaten Pinrang.(*/).