KOMINFO, Pinrang — Setelah 2 tahun sebelumnya meraih penghargaan Swasti Saba sebagai Kabupaten sehat, Pinrang kembali mempertahankan supremasi sebagai Kabupaten Sehat Tahun ini dengan mempertahankan tropi Swasti Saba Wistara sebagai Kabupaten Sehat dalam artian Pinrang sukses mengembangkan konsep hidup sehat dan sejahtera yang telah membudaya didalam masyarakatnya.

pencapaian ini bukan hal yang biasa, berbagai program dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten dengan menggandeng beberapa Organisasi Perangkat Daerah yang di koordinir oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang.

Beberapa indikator yang dinilai dalam verifikasi dilakukan dan dikembangkan oleh OPD yang tergabung dalam forum kabupaten sehat.

OPD tersebut diantaranya adalah : Dinas Ketahanan Pangan dalam menjaga Ketahanan dan Ketersediaan Pangan dan gizi, Dinas Sosial dalam Pwngembangan Kehidupan Sosial yang sehat, Bappeda sebagai Perencana kegiatan yang mengacu kepada Pola hidup sehat dan penyehatan lingkungan serta Dinas Kesehatan sebagai promotor dalam menjaga dan membudayakan pola hidup sehat di dalam masyarakat.

Penyerahan Tropi dan piagam Swasti Saba Wistara ini dilakukan di Gedung Kementerian Dalam Negeri Selasa, (28/11) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nina Moeloek kepada Bupati Pinrang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H.Syarifuddin Side.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg. Dyah Puspita Dewi mengungkapkan bahwa, Pinrang telah menyabet penghargaan ini sebanyak 4 kali, pertama Pinrang menyabet Swasti Saba padapa, setelahnya Swasti Saba Wistara pada 2015 dan kembali menyabetnya tahun ini.

“Berkat dukungan stake holder yang tergabung dalam Forum Kabupaten Sehat, Pinrang Kembali mempertahankan supremasi sebagai Kabupaten Sehat pada tingkatan Wistara” ungkap Dewi.(*)