Pinrangkab.go.id – Dalam rangka puncak panen raya di Kabupaten Pinrang yang diprediksi akan berlangsung pada November mendatang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pinrang, A. Calo Kerrang, memimpin rapat penting di ruang rapat Sekda, Selasa (22/10).

Rapat ini difokuskan pada pembahasan kesiapan gudang Bulog untuk menampung hasil panen masyarakat guna menjaga stabilitas harga jual gabah di pasaran.

Hadir dalam rapat tersebut Asisten Ekonomi dan Pembangunan H.Abd.Rahman Mahmud, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura A.Sinapati Rudi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan M.Abduh, Pimpinan Cabang Bulog Pinrang, Direktur Perusda Pinrang Johamran, serta perwakilan dari Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), Perpadi, dan sejumlah pihak lainnya yang memiliki peran strategis dalam sektor pertanian dan ekonomi daerah.

Dalam arahannya, Sekda A. Calo Kerrang menyampaikan bahwa potensi pertanian di Kabupaten Pinrang harus dimaksimalkan, terutama dalam menghadapi panen raya yang diharapkan memberikan hasil yang melimpah.

Menanggapi berbagai masukan dari diskusi rapat, Sekda menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan gudang-gudang penyimpanan, terutama milik Bulog, dapat menampung hasil panen dengan optimal.

“Kita harus memastikan bahwa hasil panen masyarakat, terutama para petani, dapat tertampung dengan baik. Selain itu, stabilitas harga jual gabah juga harus menjadi prioritas, agar para petani tidak dirugikan oleh anjloknya harga saat panen raya,” tegas A. Calo Kerrang.

Sekda juga menekankan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengambil langkah strategis guna merespons berbagai potensi permasalahan yang mungkin dihadapi, mulai dari distribusi hingga penyimpanan hasil panen.

Dirinya berharap, melalui koordinasi yang baik, kehadiran pemerintah dapat dirasakan oleh masyarakat, khususnya para petani, dalam menjawab keresahan terkait harga dan penanganan hasil panen.

“Saya meminta agar seluruh OPD yang terlibat bisa bergerak cepat dan strategis dalam menghadapi panen raya ini. Kita ingin agar para petani merasakan dukungan nyata dari pemerintah, sehingga keresahan mereka bisa diatasi,” tambah Sekda.

Rapat ini menjadi langkah penting dalam mempersiapkan puncak panen raya di Kabupaten Pinrang, yang selama ini dikenal sebagai salah satu lumbung pangan di Sulawesi Selatan.

Melalui kerjasama yang solid antara pemerintah, Bulog, dan berbagai pihak terkait, diharapkan panen raya tahun ini dapat berlangsung sukses, dengan harga gabah yang stabil dan memberikan kesejahteraan bagi para petani.(*/)

Foto : Cancu, BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN