Pinrangkab.go.id — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pinrang, yang dipimpin oleh Pj. Ketua Dekranasda Pinrang DR. Uswatun Hasanah Ahmadi, S.Sos., M.Pd., melakukan kunjungan studi tiru ke Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Kamis (29/8).

Kunjungan ini disambut hangat oleh Pj. Ketua Dekranasda Jawa Barat, RR Amanda Setyaningsih, S.E., Akt., yang menyampaikan bahwa Jawa Barat merupakan penyumbang Desa Wisata Kreatif terbanyak pada ajang Anugerah Desa Wisata beberapa waktu lalu.

Menurut RR Amanda, pencapaian tersebut menjadi bukti nyata keberhasilan program-program yang telah dijalankan di Jawa Barat.

“Ini adalah kesempatan bagi Dekranasda Jawa Barat untuk berbagi ilmu dan pengalaman, sehingga daerah lain, seperti Kabupaten Pinrang, bisa mengikuti jejak kami dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat melalui pengembangan desa wisata kreatif,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj. Ketua Dekranasda Pinrang, DR. Uswatun Hasanah Ahmadi, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan kesempatan besar bagi Kabupaten Pinrang untuk mempelajari dan mengadopsi praktik-praktik terbaik yang telah diterapkan di Jawa Barat.

“Kegiatan ini adalah peluang emas bagi kami untuk bertukar best practices, sehingga kita dapat mengembangkan potensi para pengrajin di Pinrang dengan lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, DR. Uswatun Hasanah berharap kiat-kiat sukses yang telah ditempuh oleh Dekranasda Jawa Barat dapat diterapkan di Kabupaten Pinrang.

“Kami berharap, dengan mempelajari strategi dan pendekatan yang telah berhasil di Jawa Barat, kita dapat membuka pasar yang lebih luas bagi produk-produk para pengrajin di Pinrang. Pada akhirnya, ini akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan para pengrajin kita,” tambahnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara Dekranasda Pinrang dan Jawa Barat dalam upaya memajukan industri kerajinan dan meningkatkan taraf hidup para pengrajin lokal.(*/)

Foto : Auliya, ADC Pj.Ketua TP PKK Pinrang