Pinrangkab.go.id — Pj. Bupati Pinrang, H. Ahmadi Akil, S.E., M.M., berkesempatan menghadiri undangan dari Yayasan Warna Budaya Indonesia dalam acara Yogyakarta International Dance Carnival (YIDCarnival) pertama yang digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta, Ahad (25/8).

Acara YIDCarnival ini mengangkat tema “Melalui Budaya Kita Menjadi Satu,” sebuah tema yang menggambarkan betapa pentingnya persatuan dalam keragaman budaya.

Kegiatan ini turut diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan tujuan menjadikan budaya sebagai jembatan penghubung antarbangsa.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 28 Agustus 2024 ini menghadirkan berbagai acara yang memukau, mulai dari pertunjukan budaya internasional, pertukaran budaya, Parade Internasional Malioboro, hingga kompetisi tari internasional.

Perwakilan dari lima negara turut ambil bagian, memperkaya suasana karnaval dengan ragam ekspresi budaya dari negara – negara yang ijut ambil bagian pada kegiatan ini.

Dalam kesempatan ini, Pj. Bupati Ahmadi Akil menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan YIDCarnival dan berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi Kabupaten Pinrang untuk menggelar kegiatan serupa di masa mendatang.

Dirinya juga menekankan bahwa penyelenggaraan event kebudayaan semacam ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kekayaan budaya, tetapi juga sebagai motor penggerak ekonomi kreatif yang sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Pinrang.

“Melalui acara seperti ini, kita dapat memperkenalkan kekayaan budaya lokal kita kepada dunia sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Pinrang” Ujar Pj.Bupati Ahmadi Akil.

Pj.Bupati Ahmadi Akil juga berharap, kedepannya, Pinrang bisa menyelenggarakan acara serupa yang menggabungkan kekuatan budaya dan ekonomi demi kemajuan bersama.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, yang memberikan dukungan penuh terhadap suksesnya YIDCarnival.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Pinrang pada kegiatan ini turut ambil bagian dengan pertunjukan Tari – tarian yang dipersembahkan oleh Sanggar Seni Lasinrang.

Keterlibatan berbagai pihak penting dalam acara ini mencerminkan komitmen bersama untuk menjadikan budaya sebagai alat pemersatu dan penggerak ekonomi yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Turut mendampingi Pj.Bupati Ahmadi Akil, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang, A. Macca, serta pihak-pihak terkait lainnya. (*/)

Foto : PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN