Pinrangkab.go.id – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pinrang, Rusli, bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dr. Rhomy M. Manule, melakukan visitasi dan assessment terhadap para pengungsi dampak penggusuran lahan di Dusun Lebbo, Desa Maroneng, Kecamatan Duampanua, Rabu (31/7).

Dalam kunjungan tersebut, Rusli dan Dr. Rhomy melakukan evaluasi mendalam untuk memahami kondisi para pengungsi serta kebutuhan mendesak mereka.

Hasil assessment menunjukkan bahwa dari 25 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak, sebanyak 15 rumah dan ratusan jiwa memerlukan bantuan rehabilitasi sosial dan pemulihan psikis.

Dr. Rhomy M. Manule menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan sesuai dengan arahan Pj. Bupati Pinrang, H. Ahmadi Akil, untuk menunjukkan empati dan kepedulian Pemerintah terhadap situasi yang dialami oleh masyarakat terdampak.

“Kami ingin memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Pinrang hadir dan memberikan dukungan yang diperlukan dalam situasi ini” ungkap Rhomy.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Pinrang untuk memberikan perhatian dan bantuan yang tepat kepada warga yang terkena dampak.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pinrang Rusli menambahkan bahwa hasil assessment ini akan menjadi dasar bagi penyusunan rencana tindakan selanjutnya untuk membantu para pengungsi dalam proses rehabilitasi dan pemulihan.

“Kami akan segera menindaklanjuti hasil assessment ini dengan langkah-langkah konkret untuk memastikan bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Rusli. (*/)