Pinrangkab.go.id – Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu upaya penting dalam mempromosikan kesehatan dan pencegahan penyakit di lingkungan sekolah.

Salah satunya mencuci tangan dengan sabun adalah tindakan sederhana namun efektif dalam mengurangi risiko penularan penyakit tangan, terutama penyakit yang ditularkan melalui kontak langsung atau melalui permukaan yang terkontaminasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pinrang telah rutin melakukan kampanye atau program penyuluhan CTPS di sekolah-sekolah sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran siswa dan tenaga pendidik tentang pentingnya mencuci tangan dengan benar dan rutin.

Termasuk yang dilaksanakan oleh Tim Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Pinrang, yang telah menyasar 10 Sekolah Dasar (SD) terpilih untuk melaksanakan Kampanye CTPS.

Subkoord Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Hj. Kasmawati, SKM, M.Kes yang ditemui, Selasa (1/8) menyampaikan bahwa kegiatan edukasi CTPS ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya cuci tangan dengan sabun sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah bersin atau batuk, dan setelah menyentuh permukaan yang kotor atau berpotensi terkontaminasi.

“Fasilitas fasilitas cuci tangan yang memadai harus disiapkan di sekolah, termasuk tempat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir”. harap Hj. Kasmawati.

Sementara itu, edukator Promkes, Muhammad Rusdi, SKM pada kesempatan ini, juga mengajarkan teknik cuci tangan yang benar, seperti durasi minimal 20 detik dan memenuhi 7 langkah cuci tangan, seluruh permukaan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, kuku, jempol dan pergelangan tangan.

“Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan bagian penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Diharapkan, melalui upaya seperti ini, kesadaran akan pentingnya cuci tangan dengan sabun dapat lebih ditingkatkan dan perilaku sehat dapat diadopsi oleh seluruh masyarakat sekolah”,tutupnya. (*/Rusdi)