Bupati Pinrang Intens Blusukan ke Warga Pegunungan

DSC 1236Sebagai bentuk tanggung jawab selaku pemegang kendali pemerintahan di kabupaten Pinrang Bupati Pinrang H. A Aslam Patonangi tentu berlaku adil terhadap seluruh wilayah yang ada di Bumi Lasinrang ini terutama dalam hal pembangunan berbagai sarana dan prasarana serta berbagai infrastrukturnya, dimana daerah ini terbagi dalam dua pembatasan wilayahnya masyarakat yang bermukim di daratan serta masyarakat yang bermukim dilokasi jauh terpencil di pegunungan.

Memang menjadi sebuah hal yang terjadwal kunjungan ke daerah pegunungan tersebut sangat sering dilakukan,walau untuk mecapainya harus berjuang dengan kendala medan dalam perjalanannya yang menguras tenaga namun hal itu bukanlah sebuah halangan namun sebuah aktifitas yang menyenangkan demi menyapa masyarakat yang jauh terisolasi di pegunungan

Seperti pada kunjungan-kunjungan sebelumnya kali ini Bupati Pinrang Aslam Patonangi disertai oleh rombongan yang terdiri dari sejumlah kepala SKPD yang terkait seperti kepala dinas Pertanian & Peternakan Ir. Yohanis Sampebua,MP, Kepala Dinas Kehutanan & Perkebunan Drs.H.Achmad Side, Kepala Dinas PSDA Ir. Arsyad B, Msi, Kepala BP4K Ir. H.Amir Riu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Drs. H. Risman Laupe, Kepala Kantor Urusan Ketahanan Pangan Ir.H.Alimuddin Djaggong serta Kabag Humas Pemkab Drs. Syamsuddin, MM menyusuri jalan-jalan terjal dan berbatu untuk sampai ke daerah pegunungan tersebut dengan sasaran kunjungan kali ini adalah Desa Rajang kecamatan Lemang sebagai bagian mesosialisasikan sejumlah program pemerintah sekaligus melihat langsung kondisi masyarakat di daerah tersebut.

Sejumlah agenda kegiatan yang dilaksanakan di desa ini diantaranya adalah melakukan penanaman perdana pada areal percetakan sawah baru yang berada di dusun Boddie serta syukuran atas penggunaan Tenaga Listrik Hidro Magro ( kincir ) diwilayah perkampungan Arra di dusun yang sama.

Bupati Pinrang H.A Aslam Patonangi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa porsi anggaran dalam APBD Pinrang sejak beberapa tahun terakhir ini memang di prioritaskan di wilayah pelosok terutama di pegunungan seperti pada program percetakan sawah baru ini yang kelak di kemudian hari dapat dimanfaatkan hasilnya dalam artian bahwa apa yang dilakukan ini adalah bagian dari upaya pemanfaatan lahan masyarakat yang tidak produktif menjadi sebuah lahan yang kelak dapat dinikmati hasilnya secara bersama-sama dan turun temurun.

Sedang dilain pihak Desa Rajang dibawah kepemimpinan kepala desanya Hendriadi atas nama masyarakat Desa Rajang mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian pemerintah daerah terhadap pembangunan di desanya sekaligus mengharapkan kepada pemerintah dalam hal ini Bupati Pinrang bahwa guna menunjang pekerjaan kelompok tani yang ada di dusunnya ini dirinya berharap agar diberikan bantuan berupa Handtraktor (dompeng).

Ditempat terpisah Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pinrang Ir. Yohanis Sampebua menjelaskan bahwa program tersebut adalah bagian dari Program pemerintah pusat yang dijabarkan ke daerah melalui pendanaa APBN dan sharing pemerintah daerah tahun 2012 lalu dalam bentuk Bansos dengan nama kegiatan pekerjaan konstruksi persawahan dan saprotani dimana dana dan pemanfaatannya diserahkan lansung kepada kelompok tani melalui rekening masing-masing.

Lebih jauh dijelaskan bahwa untuk tahun 2012 lalu kebagian program ini senilai Rp. 400 juta untuk 400 Ha lahan yang akan di buat percetakan sawah baru yang terbagi ke 5 kecamatan yakni Lembang, Batulappa, Patampanua, Mattirobulu, Mattiro Sompe dengan pembagian 10 juta rupiah perhektarnya dengan rician penggunaan adalah untuk konstruksi sawah, sarana produksi dan alsintan serta di tambah swadaya masyarakat sehingga pemanfaatan dana tersebut diserahkan kepada kelompok tani untuk digunakan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan kelompok, sedang partisipasi pemda dituangkan dalam bentuk jasa konsultansi pembinaan dan pendampingan petugas tekhnis. (jimmy)