|    Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Pinrang   |     |    Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H   |    

 Bupati Pinrang

H. A. ASLAM PATONANGI, SH, M.Si 

 

Wakil Bupati Pinrang

MUH. DARWIS BASTAMA, SP


Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang

 DRS.SYARIFUDDIN SIDE, M.SI, MH



















MEMASUKI MUSIM TANAM, KOMISI IRIGASI PINRANG GELAR RAPAT

Posted By: KOMINFO Tanggal : 03-10-2017 Dibaca : 62 kali

KOMINFO, Pinrang -- Memasuki Musim Tanam Oktober - Maret, Komisi Irigasi Kabupaten Pinrang menggelar rapat untuk mendiskusikan siklus pembagian dan distribusi air untuk areal persawahan di beberapa kecamatan di Kabupaten Pinrang.

Rapat ini di buka oleh Bupati Pinrang yang di wakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Candera Yasin bertempat di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Selasa (3/10).

Komisi irigasi merupakan forum gabungan yang terdiri dari unsur Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air (PSDA) Kabupaten Pinrang sebagai pengelola irigasi, Pihak Dinas Pertanian dan Hortikultura, Para Kelompok Tani sebagai penerima manfaat dari Irigasi, Pihak Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai pihak yang bertanggung jawab atas keamanan dari irigasi mengingat irigasi adalah hal yang sensitif terutama jika terjadi kemarau dan debit air di sungai saddang berkurang.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura A.Tjalo Kerrang mengungkapkan bahwa kondisi saat ini yang perlu di rembuk kan bersama sebagai komisi Irigasi adalah ada beberapa areal persawahan yang masih membutuhkan distribusi air sehingga para petani yang lebih dulu panen diharap bersabar untuk memulai pertanaman.

selain itu Tjalo juga mengingatkan akan pentingnya pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Pra tanam karena menurut pertimbangan Bupati Pinrang cara ini adalah cara yang paling efektif untuk mengendalikan OPT terutama Tikus. "Kita Tidak ingin kejadian tahun 2016 kemarin terulang ketika sebagian besar areal sawah di rusak oleh tikus". ungkap Tjalo.

sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air H.Alimuddin janggong mengngungkapkan bahwa Pihak dinas PSDA senantiasa memikirkan bagaimana distribusi air untuk areal di beberapa kecamatan bisa terpenuhi dengan merata, selain itu untuk tahun ini beberapa perbaikan terutama untuk saluran irigasi sudah mulai di lakukan sebagai langkah agar irigasi ke areal persawahan bisa lancar dan tidak ada yang mengalami fuso.

"Kami senantiasa melakukan upaya agar semua areal persawahan bisa teraliri, kami juga tidak ingin ada lahan yang fuso dan mengalami kekeringan" ungkap Alimuddin.

Rapat Komisi irigasi ini adalah rapat rutin yang digelar sebelum dimulainya musim tanam, hal ini dimaksudkan guna memberi ruang bagi para anggota forum untuk saling berembug mengenai distribusi air ke areal persawahan.(*)



Previous Next
October 2017
S M T W T F S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031
Agenda Kegiatan
Foto Kegiatan
Video Kegiatan
Statistik

1392088

hari ini : 22
Total : 120059
Hits hari ini : 1525
Total Hits : 1392088
Online : 1