|    Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Pinrang   |     |    Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H   |    

 Bupati Pinrang

H. A. ASLAM PATONANGI, SH, M.Si 

 

Wakil Bupati Pinrang

MUH. DARWIS BASTAMA, SP


Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang

 DRS.SYARIFUDDIN SIDE, M.SI, MH



















CEGAH DBD DINAS KESEHATAN LUNCURKAN PROGRAM 1 RUMAH 1 JUMANTIK

Posted By: Dinas Kesehatan Tanggal : 14-07-2017 Dibaca : 69 kali

KOMINFO, Pinrang -- Dinas Kesehatan Kab.Pinrang bersama Puskesmas melakukan sosialisasi gerakan 1 rumah 1 jumantik di wilayah kerja masing-masing.

Guna mengatasi Demam Berdarah dan Dengue peran serta Masyarakat sangat di perlukan disamping berbagai upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Pemerintah Daerah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Bina Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Mursalim Bengnga, SKM, M.Kes disela kunjungan ke Puskesmas dalam rangka mensosialisasikan gerakan ini, bahkan menurutnya diwajibkan dalam 1 kepala keluarga ada satu orang anggota keluarga yang menjadi juru pemantau jentik atau biasa disingkat Jumantik.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Barnabea Kaliky, SKM dalam pelatihan kader jumantik di PKM Teppo kecamatan Patampanua, Kamis (13/7) menyampaikan bahwa gerakan 1 rumah 1 jumantik  bertujuan menurunkan angka penderita dan angka kematian akibat DBD.

Hal tersbut lanjut dia dilakukan dengan meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga untuk melakukan pencegahan.

Selain itu program ini sebagai aksi pemberantasan sarang nyamuk serta mengajak seluruh masyarakat berperan aktif dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk, khususnya jentik nyamuk Aedes.

Juru pemantau jentik lanjut Barnabea merupakan anggota masyarakat yang dilatih oleh Puskesmas setempat untuk memantau keberadaan dan perkembangan jentik nyamuk guna mengendalikan penyakit DBD di suatu daerah melalui pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus, yaitu: menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan barang bekas, plus mencegah gigitan nyamuk.

Dalam kesempatan yang sama, Muh. Sabir, SKM, M.Sc dalam materi yang dibawakan dalam kegiatan yang bertemakan “Bersama kita sukseskan 1 Rumah 1 Jumantik” ini menyampaikan bahwa, upaya yang dapat dilakukan masyarakat dalam penanggulangan dan pencegahan DBD adalah dengan cara menjaga lingkungan sekitar rumah agar bersih dari tempat berkembangbiak nyamuk, dengan cara membersihkan jentik – jentik nyamuk.

Salah satu cara yang paling efektif dan efisien menurutnya adalah dengan kegiatan 3M, yaitu menguras penampungan air, menutup tempat penampungan air, mendaur ulang barang bekas, dan menerapkan kegiatan lain yang mendukung pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida di penampungan air, menggunakan obat anti nyamuk, menggunakan kelambu tidur, dan menanam tanaman pengusir nyamuk. (*)



Previous Next
July 2017
S M T W T F S
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
Agenda Kegiatan
Foto Kegiatan
Video Kegiatan
Statistik

1014815

hari ini : 257
Total : 115398
Hits hari ini : 889
Total Hits : 1014815
Online : 4